Minggu, 13 Maret 2016

ARTIKEL 5 : REKENING BANK HUBUNGAN (RBH)



            Jika di artikel sebelumnya saya membahas tentang Rekening Bank Pribadi yang lebih menitikberatkan pada simpanan diri sendiri, nah disini saya akan membahas mengenai Rekening Bank Hubungan yang lebih menitikberatkan hubungan kita dengan orang lain. Selain itu RBH juga mencerminkan seberapa besar kepercayaanmu dalam setiap hubungan yang kamu bina.
            RBH sangat mirip dengan rekening koran di Bank. Anda bisa melakukan simpanan dan meningkatkan hubungan Anda, atau melakukan penarikan dan melemahkan hubungan tersebut. Hubungan yang kuat serta sehat selalu merupakan hasil dari simpanan-simpanan dalam jangka panjang. Dan inilah macam-macam simpanan yang selalu efektif:
SIMPANAN RBH
PENARIKAN RBH
Menepati janji
Melanggar janji
Melakukan kebaikan-kebaikan kecil
Hanya mengurus diri sendiri
Setia
Suka bergosip dan membocorkan rahasia
Mendengarkan
Tidak mendengarkan
Meminta maaf
Sombong
Membangkitakn harapan yang jelas
Membangkitkan harapan yang keliru
           
Supaya lebih jelas akan saya jelaskan mengenai simpanan dalam RBH;
1.      Menepati janji
Membuat komitmen-komitmen kecil dan janji-janji sangatlah penting untuk membangun kepercayaan. Anda harus melakukan apa yang sudah Anda janjikan. Jika Anda tulus dan berusaha untuk memenuhi janji, orang akan maklum jikalau ada halangan.
2.      Melakukan kebaikan-kebaikan kecil
Terkadang hal-hal yang terkecil pun, sapaan, memo kecil, senyuman, pujian, rangkulan – bisa membuat perbedaan besar. Kalau Anda ingin membangun persahabatan, cobalah melakukan kebaikan-kebaikan kecil, karena dalam hubungan hal-hal kecil terasa besar.
3.      Setia
Salah sat simpanan RBH terbesar yang bisa Anda simpan adalah bersikap setia terhadap orang lain, bukan saja di depan mereka melainkan terutama kalau mereka tidak ada. Jika Anda membicarakan orang lain di belakang, Anda hanya akan melukai diri Anda sendiri.
4.      Mendengarkan
Mendengarkan seseorang juga termasuk simpanan yang besar, karena kebanyakan orang tidak mau mendengarkan dan lebih lanjut lagi mendengarkan itu bisa menyembuhkan luka-luka. Orang butuh didengarkan sama seperti mereka butuh makanan. Dan jika Anda mau meluangkan waktu untuk mendengarkan, maka terciptalah persahabatan yang indah.
5.      Meminta maaf

Jangan biarkan harga diri Anda atau karena kurang berani, menghalangi Anda untuk mengatakan maaf kepada orang-orang yang mungkin telah Anda singgung, karena sebenarnya tidaklah menakutkan seperti kelihatannya, dan setelahnya Anda akan merasa begitu tenang dan senang.
6.      Membangkitkan harapan yang jelas
Kecenderungan kita adalah ingin menyanjung dan menyenangkan orang lain, akibatnya kita sering kali membangkitkan harapan yang tidak jelas serta tidak realistis. Untuk mengembangkan kepercayaan, janganlah kita mengirimkan pesan-pesan yang tidak jelas. Bangunlah kepercayaan dengan bicara apa adanya dan memaparkan harapan yang benar sedari awalnya.




Referensi : Covey, Sean. 2001. The 7 Habits of Highly Effective Teens. Binapura Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar