Minggu, 13 Maret 2016

ARTIKEL 2 : PROAKTIF >< REAKTIF



            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, proaktif itu adalah lebih baik. Sedangkan reaktif adalah sifat cenderung, tanggap, atau segera bereaksi terhadap sesuatu yang timbul atau muncul. Mungkin sebagian dari Anda masih bingung mengenai pengertian dari proaktif dan reaktif. Disini saya akan menjelaskan tentang apa itu proaktif dan reaktif, bersumber dari buku 7 Habits of Highly Effective Teens.
            Menurut buku 7 Habits, bersikap proaktif itu sangatlah penting karena itu adalah langkah pertama menuju kemenangan pribadi. Orang-orang proaktif membuat pilihan-pilihannya menurut nilai-nilai. Mereka berpikir sebelum bertindak. Mereka sadar bahwa mereka tidak bisa mengendalikan yang terjadi kepada mereka, tetapi mereka bisa mengendalikan reaksi mereka. Sedangkan berbanding terbalik dengan reaktif, orang-orang reaktif membuat pilihan-pilihannya menurut dorongan hati, mereka hanya asal bicara dalam merespon.
            Seperti inilah contoh reaksi dari orang-orang yang proaktif dan reaktif:
PROAKTIF
REAKTIF
Akan kukerjakan
Seharusnya aku bisa lebih baik dari itu
Yuk kita pelajari kemungkinannya
Aku memilihnya
Pasti ada jalan
Takkan kubiarkan suasana hatimu yang jelek itu menular kepadaku
Aku coba deh
Aku memang begitu kok
Aku tidak bisa berbuat apa-apa
Aku terpaksa
Aku tidak bisa
Kamu merusak hatiku
 Begitulah contoh dari bahasa proaktif dan reaktif, Anda bisa membedakan apa yang bagus dan yang tidak bagi Anda.
            Bersikap reaktif akan membuat Anda membatasi bakat yang Anda miliki, misalkan jika Anda ingin mengikuti sebuah lomba tetapi Anda langsung merasa kalah ketika melihat peserta lain padahal siapa tahu bahwa bakat Anda lebih bagus daripada mereka. Maka dari itu bersikap proaktif merupakan sikap yang bagus dan patut untuk dijadikan kebiasaan karena itu akan berdampak baik bagi kita sendiri.



Referensi : Covey, Sean. 2001. The 7 Habits of Highly Effective Teens. Binapura Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar