Minggu, 13 Maret 2016

ARTIKEL 4 : REKENING BANK PRIBADI (RBP)



             Mungkin Anda masih bingung dengan pengertian dari rekening bank pribadi atau RBP, maksudnya adalah RBP itu sama halnya seperti rekening koran atau rekening tabungan yang Anda simpan di bank. Jika di bank Anda bisa menyimpan atau melakukan penarikan uang, tetapi di dalam RBP Anda bisa menyimpan dan melakukan penarikan dalam bentuk apa yang kamu pikirkan, ucapkan, dan lakukan. Misalnya jika Anda sudah berjanji kepada diri Anda sendiri dan menepati janji tersebut, itu merupakan simpanan. Sedangkan jika Anda tidak menetapinya, lalu Anda merasa kecewa maka pada saat itu Anda melakukan penarikan.
           
SIMPANAN RPB
PENARIKAN RBP
Penuhi janji-janji
Langgar janji-janji
Lakukan perbuatan-perbuatan baik yang kecil
Urus dirimu sendiri
Bersikap lembut
Bersikap keras kepada diri sendiri
Bersikap jujur
Bersikap tidak jujur
Perbaharui dirimu
Biarkan dirimu terkuras
Kembangkan talenta-talentamu
Abaikan talenta-talentamu
           
            Supaya lebih jelas akan saya jelaskan mengenai simpanan dalam RBP;
1.      Penuhi janji-janji
Kita harus serius dengan janji kepada diri-sendiri maupun kepada orang lain. Buatlah janji kepada diri-sendiri dan penuhilah. Setelah kepercayaan diri sendiri mulai tumbuh, kamu bisa membuat janji-janji yang lebih sulit.
2.      Lakukan perbuatan-perbuatan baik yang kecil
Lakukanlah perbuatan-perbuatan baik yang kecil yang membuat Anda merasa lebih baik dan tentunya merasakan kesenangan setelahnya, contohnya menyapa orang lain, membuat surat untuk teman, dan lain-lain
3.      Bersikap lembut
Bersikap lembut itu banyak artinya. Artinya tidak mengharapkan dirimu sempurna besok hari. Bersikap lembut artinya menertawakan hal-hal konyol yang pernah Anda lakukan. Bersikap lembut juga berarti memaafkan dirimu sendiri kalau kamu gagal. “Belajar mencintai dirimu sendiri adalah cinta yang terbesar” seperti yang dinyanyikan Whitney Houston
4.      Bersikap jujur
Dalam kamus jujur mempunya banyak persamaan, diantaranya; berdiri tegak, tidak mudah rusak, bermoral, berprinsip, mencintai kebenaran, teguh, benar, sejati, baik, dan lain-lain. Bukankan bagus jika kita mempunyai sifat-sifat seperti yang disebutkan? Maka dari itu berusahalah jujur dan perhatikanlah betapa utuhnya perasaanmu jadinya.
5.      Perbaharui dirimu
Kita semua perlu tempat pelarian, semacam tempat ibadah, dimana kita bisa rileks. Tidak perlu tempat-tempat yang mewah dan memerlukan dana banyak. Mungkin bisa saja di kamar mandi, kamar tidur, atau dengan menonton film kesukaan sambil beristirahat, pokoknya tempat untuk sendirian. Kamu harus meluangkan waktu untuk dirimu sendiri, untuk memperbaharui serta rileks, jika tidak semangat hidupmu akan hilang.
6.      Kembangkan talenta-talentamu
Menemukan lalu mengembangkan talenta, hobi, atau minat khusus bisa menjadi salah satu simpanan terbesar yang bisa kamu lakukan kedalam RBP-mu.
            Jadi, jika Anda butuh suntikan kepercayaan diri, mulailah memasukkan simpanan ke dalam RBP-mu hari ini. Anda akan segera merasakan hasil-hasilnya. Dan ingatlah, Anda tidak perlu mendaki gunung atau hal-hal yang berat lainnya. Adan sejuta cara lain yang lebih aman dan efektif.



Referensi : Covey, Sean. 2001. The 7 Habits of Highly Effective Teens. Binapura Aksara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar