Minggu, 13 Maret 2016

ARTIKEL 1 : REVIEW BUKU 7 HABITS



           The 7 Habits of Highly Effective Teens adalah buku yang berisi tentang 7 kebiasaan yang dimiliki oleh remaja-remaja bahagia dan sukses di seluruh dunia, begitu menurut si penulis. Tetapi memang, setelah saya membaca buku ini saya yakin, jika kita mengikuti 7 kebiasaan yang dianjurkan oleh penulis, saya dan remaja yang lain akan merasakan manfaat yang besar bagi kita sendiri dan bisa juga membuat diri kita jadi bermanfaat bagi orang lain.
            Mungkin Anda bertanya-tanya apa sebenarnya 7 kebiasaan itu yang bisa berdampak besar bagi kita sebagai remaja? Oke akan saya paparkan.
            Kebiasaan 1, Jadilah Proaktif. Maksud dari kebiasaan ini adalah kita sebagai remaja harus bertindak proaktif dalam menghadapi berbagai masalah. Seperti yang dikatakan dalam buku, bahwa tipe orang yang proaktif itu adalah mereka yang bertanggung jawab atas hidupnya dan yang menjadikan segalanya terlaksana bukan sebaliknya yaitu yang dinamakan reaktif. Contohnya jika kita diberi tugas oleh guru/dosen, tipe orang proaktif akan mengatakan “akan kukerjakan” tetapi jika tipe orang reaktif akan mengatakan “aku coba deh”.
            Kebiasaan 2, Merujuk pada Tujuan Akhir. Yaitu memutuskan atau menetapkan apa sasaranmu. Tidak perlu langsung merujuk pada menetapkan masa depan tetapi cukup memikirkan bagaimana Anda menjalani hidup untuk esok hari, arah dan langkah apa yang akan Anda ambil.
            Kebiasaan 3, Dahulukan yang Utama. Kebiasaan ini belajar bagaimana kita menentukan prioritas dan mengatur waktu sebaik mungkin. Disarankan untuk membuat agenda rencana mingguan agar kita bisa melihat dan memutuskan kegiatan apa yang akan kita lakukan dahulu.
            Kebiasaan 4, Berpikir Menang/Menang. Kebiasaan ini adalah tentang sikap kita tentang kehidupan dan cara berpikir yang mengatakan jika saya menang maka kamupun bisa menang. Bukan hanya aku atau kamu yang menang.
            Kebiasaan 5, Berusahalan untuk Memahami Terlebih Dahulu, Baru Dipahami. Kebiasaan ini mengajarkan kita untuk melihat dan memandang segala sesuaatu menurut kacamata lawan bicara kita sebelum kita mengeluarkan atau membagikan pandangan kita. Kebiasaan ini juga merupakan kunci dari komunikasi karena kebutuhan paling dalam dari hati manusia adalah dipahami.
            Kebiasaan 6, Wujudkan Sinergi. Sinergi terjadi jika dua orang atau lebih bekerja sama untuk menciptakan solusi. Seperti yang ditulis dibuku, sinergi adalah upah, buah lezat yang akan kamu nikmati setelah kamu lebih mahir dengan kebiasaan lainnya, terutama dengan kebiasaan ke 4 yaitu berpikir menang/menang dan kebiasaan ke 5 yaitu berusaha untuk mengerti terlebih dahulu
             Dan yang terakhir adalah kebiasaan 7, yaitu Asahlah Gergajimu. Kebiasaan ini dirancang untuk membantumu mengatasi masalah. Kebiasaan ini juga adalah tentang ketajaman dirimu agar bisa menangani hidup dengan lebih baik. Artinya, secara berkala memperbaharui dan menguatkan keempat dimensi kehidupan kuncimu – tubuhmu, otakmu, hatimu, dan jiwamu.
            Begitulah yang bisa saya paparkan mengenai buku 7 Habits ini, buku ini sangat disarankan bagi remaja karena 7 kebiasaan ini sangatlah baik dan bermanfaat bagi kamu.



Referensi : Covey, Sean. 2001. The 7 Habits of Highly Effective Teens. Binapura Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar